Kanker Prostat, Gejala dan Penyebab, Serta Cara Mencegah dan Mengobatinya

Kanker Prostat 2Pengertian Kanker Prostat

Prostat yaitu kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari system reproduksi. Prostat ada dibawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat melingkari uretra, yakni saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.

Prostat menolong menghasilkan cairan yang menyuburkan serta melindungi sperma. Saat berlangsung ejakulasi, prostat keluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan bakal mengalir berbarengan dengan sperma sebagai air mani.

Ada kanker prostat yang bersifat agresif serta dapat menyebar dengan cepat. Namun biasanya, kanker prostat tumbuh dengan cara perlahan-lahan serta tak menyebar.

Menurut data WHO, kanker prostat yaitu masalah kanker paling umum urutan ke-2 pada pria. Diprediksikan seputar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat serta ada 307.000 kasus kematian pada th. 2012.

Masalah kanker prostat, berdasarkan data International Agency for Research on Cancer (IARC), pada th. 2012 di Indonesia ada sekitar 13.600 kejadian. Dengan angka kematian sampai 9.191 kejadian.

Tanda-tanda Kanker Prostat

Kanker prostat mungkin saja saja tak menyebabkan tanda-tanda apapun pada step awal. Tanda-tanda kanker prostat bakal nampak saat prostat terlampau besar atau membengkak serta mulai mempengaruhi uretra. Beberapa sinyal serta tanda-tanda yang nampak saat ini terjadi yaitu :

  • Lebih kerap buang air kecil, terlebih waktu malam hari
  • Merasa nyeri waktu buang air kecil
  • Merasa kandung kemih senantiasa penuh
  • Darah dalam urin atau air mani
  • Tekanan waktu keluarkan urin berkurang

Umumnya, sinyal ataupun tanda-tanda kanker prostat bakal nampak saat kanker telah menyebar keluar dari prostat. Namun beberapa gejala diatas tidak selamanya dikarenakan oleh kanker prostat. Keadaan diatas mungkin dikarenakan oleh infeksi saluran kencing.

Sampai saat ini, pemicu timbulnya kanker prostat masih tetap belum di ketahui. Namun aspek keturunan atau genetika serta umur seorang dapat tingkatkan resiko timbulnya kanker prostat.

Diagnosis Kanker Prostat

Terdapat beberapa tes serta pemeriksaan untuk memastikan diagnosis kanker prostat. Tes yang paling umum untuk mendeteksi kanker prostat yaitu :

  • Pemeriksaan fisik atau kontrol colok dubur. Kontrol ini dikerjakan untuk mengecek ukuran kelenjar prostat.
  • Tes darah. Tes darah ini lebih di kenal dengan arti tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen spesial prostat). Namun tes ini bukan sekedar khusus untuk mendeteksi kanker prostat lantaran kandungan PSA dapat juga naik disebabkan keadaan lain seperti infeksi saluran kencing atau radang pada prostat.
  • Biopsi. Sampel jaringan prostat bakal di ambil untuk di check di laboratorium.

Pengobatan Kanker Prostat

Semakin awal kanker prostat didiagnosis, semakin besar peluang pasien untuk pulih secara keseluruhan. Namun bila kanker masih juga dalam step sangat awal serta tak mengakibatkan tanda-tanda apapun, pasien dapat pilih untuk mewaspadainya saja.

Penyembuhan kanker prostat yaitu lewat operasi pengangkatan prostat serta radioterapi.

Tetapi bila kanker terdeteksi saat telah menebar umpamanya ke tulang, jadi kanker itu tak dapat sembuh. Penyembuhan yang dikerjakan cuma hanya sebatas untuk perpanjang umur serta meredakan tanda-tanda yang nampak.

Pemicu serta Tanda-tanda Kanker Prostat

Pada step awal, kanker prostat biasanya tak menyebabkan tanda-tanda apapun. Namun saat pembengkakan prostat sudah mempengaruhi uretra atau kanker mulai menyebar, di bawah ini yaitu gejala-gejala yang umumnya nampak :

  • Lebih kerap buang air kecil, terlebih waktu malam hari
  • Merasa nyeri waktu buang air kecil atau perlu waktu lama
  • Terdapat darah di air kencing atau air mani
  • Tekanan air kencing berkurang
  • Air kencing keluar waktu batuk atau tertawa
  • Tidak dapat kencing sembari berdiri
  • Disfungsi ereksi

Prostat pria biasanya bakal jadi tambah besar bersamaan bertambahnya umur. Beberapa gejala diatas butuh diwaspadai, walau tidak selamanya bermakna Anda menderita kanker prostat. Di bawah ini yaitu tanda-tanda kanker prostat saat telah masuk bagian yang lebih kronis :

  • Penurunan berat tubuh
  • Kehilangan selera makan
  • Rasa sakit pada tulang terlebih punggung sisi bawah, paha serta pinggul
  • Mual serta muntah
  • Konstipasi
  • Merasa sakit atau kaku di bagian panggul, punggung bawah, paha atas, atau pada tulang di sekitarnya
  • Kelemahan atau kelumpuhan pada badan bagian bawah

Pemicu Kanker Prostat

Pemicu kanker prostat yang pasti sampai saat ini masih tetap belum di ketahui. Namun kanker prostat mempengaruhi terlebih pria yang berumur lanjut. Seputar delapan dari sepuluh kasus diderita oleh pria berumur diatas 65 th.

Terkecuali umur, di bawah ini yaitu sebagian aspek yang dapat tingkatkan resiko terserang kanker prostat :

  • Riwayat kesehatan keluarga. Bila ada keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau wanita yang menderita kanker payudara, resiko Anda untuk terserang kanker prostat bakal bertambah.
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi terus-terusan dapat juga tingkatkan resiko terserang kanker prostat.
  • Berkelebihan berat tubuh tingkatkan resiko seseorang laki-laki terserang kanker prostat.

Diagnosis Kanker Prostat

Ada banyak tes serta kontrol yang perlu ditempuh untuk mendiagnosis kanker prostat. Di bawah ini yaitu sebagian tes serta kontrol yang dapat ditempuh untuk mendiagnosis kanker prostat :

Pemeriksaan colok dubur

Pada prosedur ini, dokter bakal memasukkan jari yang telah dibungkus sarung tangan serta diolesi pelumas ke rektum untuk mengecek kelenjar prostat yang posisinya di samping rektum. Bila dokter temukan ketidaknormalan pada struktur, bentuk, ataupun ukuran kelenjar prostat Anda, mungkin saja Anda membutuhkan tes lanjutan yang lain.

Tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen khusus prostat)

Kelenjar prostat membuahkan protein yang dimaksud dengan PSA. Kandungan PSA pada darah semua pria cukup sedikit, namun kandungan PSA bakal bertambah bersamaan bertambahnya umur seseorang pria.

Tes darah PSA berperan mengukur kandungan PSA dalam darah. Tes PSA tak spesifik untuk mendeteksi kanker prostat lantaran keadaan lain seperti peradangan pada prostat juga mengakibatkan meningkatnya PSA dalam darah. Diluar itu, ada beberapa pasien kanker prostat yg tidak alami penambahan kandungan PSA. Cuma seputar 45% pasien kanker prostat memiliki kadar PSA yang tinggi.

Biopsi

Prosedur biopsi yaitu pengambilan sampel jaringan prostat untuk di teliti lebih jauh apakah ada sel kanker. Ini merupakan langkah yang paling dapat dipercaya dalam mendiagnosis kanker prostat.

Terkecuali tiga prosedur diatas, rangkaian prosedur CT-scan, MRI serta pemeriksaan tulang mungkin saja disarankan untuk mengecek bila ada penyebaran sel-sel kanker ke bagian badan lain.

Tahapan Kanker Prostat

Untuk memastikan langkah perlakuan yang pas untuk kanker prostat, dokter butuh tahu pada step berapakah kanker yang diderita. Dengan hal tersebut, pengobatan yang pas dapat diberikan. Di bawah ini tahapan kanker prostat :

  • Stadium I. Pada step ini, kanker masih sangat kecil serta belum menyebar ke luar kelenjar prostat.
  • Stadium II. Pada step ini, kanker lebih besar serta belum menyebar ke luar kelenjar prostat.
  • Stadium III. Kanker telah menyebar keluar dari kelenjar prostat namun masih tetap berada di jaringan sekitarnya umpamanya uretra.
  • Stadium IV. Kanker telah menyebar lebih jauh, umpamanya ke kandung kemih, rektum, maupun tulang.

Memastikan tahapan kanker prostat sangatlah utama lantaran terkait dengan pilihan pengobatan yang pas untuk mengatasi kanker yang diderita.

Pemeriksaan Kanker Prostat

Kontrol kandungan PSA untuk meyakinkan diagnosis kanker prostat masih tetap jadi perbincangan serta pro-kontra. Kandungan PSA dalam darah dapat bertambah lantaran beragam pemicu baik itu kanker ataupun pemicu yg tidak berbentuk kanker seperti inflamasi serta pembengkakan kelenjar prostat.

Saat tingkat PSA seseorang tinggi, dia bakal butuh melakukan sistem pemeriksaan biopsi kelenjar prostat untuk mengkonfirmasi diagnosis kanker prostat. Ini bermakna ada kemungkinan orang itu menjalani biopsi yang biasanya menyakitkan serta tak nyaman, serta akhirnya ternyata bukanlah kanker prostat.

Selain itu, pendeteksian kanker lewat kandungan PSA juga jadi pro-kontra lantaran ada beberapa masalah kanker prostat yang lantaran masih tetap ada di step yang sangat awal dengan perkembangannya minimum, membuat penderitanya tak perlu menjalani pengobatan. Pengobatan kanker prostat dianggap lebih berisiko pada kasus-kasus tersebut dibanding bila dibiarkan lantaran potensi efek samping pengobatannya yang sangatlah besar seperti kehilangan kendali untuk buang air kecil.

Menurut studi, memanglah ada penurunan sebesar 20 % pada kematian disebabkan kanker prostat yang lakukan kontrol dini. Namun cuma satu orang lebih yang dapat diselamatkan dari 48 orang yang terima penanganan kanker prostat. Oleh karenanya, penganjuran untuk lakukan pemeriksaan kanker prostat masih tetap jadi perbincangan pro-kontra.

Pengobatan Kanker Prostat

Untuk penderita kanker prostat, mungkin saja bakal membingungkan dalam pilih prosedur pengobatan paling baik yang dapat dilakukan. Setiap pengobatan yang dilakukan mempunyai resiko serta keuntungan masing-masing. Pengobatan kanker prostat bergantung pada beberapa aspek :

  • Stadium kanker
  • Ukuran kanker
  • Seberapa luas penyebaran kanker yang sudah terjadi
  • Dan keadaan kesehatan pasien

Untuk penderita kanker prostat pada stadium awal, mereka dapat pilih untuk menanti serta mengawasi perkembangan kanker. Terdapat beberapa kasus kanker prostat yg tidak membutuhkan pengobatan sekalipun serta ini perlu diperhitungkan lantaran ada efek samping pengobatan yang termasuk signifikan. Jika pilih untuk mengawasi kanker prostat, jadi sepanjang masa pengawasan, info tambahan dapat dihimpun untuk menolong memastikan pengobatan yang pas.

Pengawasan prostat ini mengharuskan Anda melakukan tes PSA serta prosedur biopsi dengan teratur. Hal semacam ini dilakukan untuk meyakinkan sedini mungkin mengenai adakah perkembangan sel kanker. Rangkaian prosedur ini dilakukan untuk memastikan pengobatan sesuai dengan tahapan kanker yang diderita, terutama saat kanker prostat telah menyebar keluar dari kelenjar prostat.

Di bawah ini adalah cara-cara penanganan kanker prostat yang disarankan :

Operasi Kanker Prostat

Di bawah ini yaitu cara-cara serta prosedur yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker prostat.

TURP atau trans-urethral resection

TURP yaitu prosedur operasi dalam memotong bagian dari kelenjar prostat. TURP dilakukan lewat cara anastesi umum atau anastesi tulang belakang, supaya Anda tak rasakan rasa sakit sepanjang pembedahan berlangsung. Maksud dari operasi yaitu meringankan atau menghilangkan tanda-tanda buang air kecil yang terganggu disebabkan kanker prostat

Dokter bedah bakal memasukkan kawat besi dengan bagian melingkar di ujungnya ke dalam uretra menuju prostat. Arus listrik dipakai untuk memanaskan bagian melingkar yang berperan untuk memotong kanker prostat.

Prostatektomi radikal

Prostatektomi radikal yaitu prosedur operasi untuk mengangkat kelenjar prostat serta jaringan di sekelilingnya. Prostatektomi radikal dapat mengobati kanker prostat pada pria bila kanker belum menyebar keluar dari kelenjar prostat. Namun ada kecil kemungkinan bahwa tak seluruhnya sel-sel kanker dapat terangkat. Ada kemungkinan sel kanker bakal kembali pasca operasi.

Beberapa potensi komplikasi dari prosedur prostatektomi radikal yaitu :

  • Inkontinensia urin, yakni ketidakmampuan mengendalikan buang air kecil.
  • Disfungsi ereksi. Lebih di kenal dengan arti impotensi. Ketidakmampuan dalam mencapai serta menjaga ereksi.
  • Tidak dapat lagi ejakulasi hingga tak dapat mempunyai anak lewat hubungan intim.

Radioterapi

Radioterapi memakai energi radiasi untuk membunuh sel kanker pada masalah dimana kanker belum menyebar keluar dari prostat. Radioterapi dapat juga dipakai pasca operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa. Selain itu, radioterapi juga dilakukann untuk meredakan tanda-tanda atau rasa sakit serta memperlambat tingkat perkembangan kanker pada masalah kanker yang sudah lanjut.

Pasien tak perlu melakukan rawat inap untuk melakukan prosedur radioterapi. Di bawah ini yaitu sebagian efek samping radioterapi pada kanker prostat :

  • Rambut kemaluan rontok
  • Merasa kelelahan
  • Merasa tak nyaman di seputar anus serta rektum
  • Peradangan pada kandung kemih
  • Ketidakmampuan untuk ereksi
  • Inkontinensi urin
  • Masalah dengan buang air besar, seperti diare serta pendarahan

Therapy Hormon

Therapy hormon umumnya dipadukan dengan prosedur radioterapi. Therapy hormon yang dilakukan saat sebelum radioterapi mempunyai tujuan tingkatkan keberhasilan pengobatan. Sedang therapy hormon yang didapatkan sesudah radioterapi ditujukan untuk kurangi kemungkinan kembalinya sel-sel kanker.

Terkecuali manfaat diatas, therapy hormon dapat juga dipakai untuk memperlambat perkembangan kanker prostat stadium akhir serta meredakan tanda-tanda maupun rasa sakit yang muncul.

Efek samping dari therapy hormon pada kanker prostat yaitu :

  • Kehilangan gairah seksual
  • Disfungsi ereksi
  • Penambahan berat tubuh
  • Pembengkakan dada
  • Hot flush
  • Berkeringat

Tablet steroid dapat dipakai bila therapy hormon tidak lagi sukses lantaran kanker bersifat resistan terhadap hormon. Steroid dapat dipakai untuk menyusutkan tumor serta menghalangi perkembangan tumor.

Mengobati Kanker Prostat Stadium Akhir

Jika kanker prostat telah masuk stadium akhir, maka keadaan ini tak akan dapat disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan cuma untuk memperlambat perkembangan, untuk perpanjang umur, serta meredakan tanda-tanda yang ada.

Untuk mengatasi kanker prostat stadium akhir, pengobatan yang dapat dilakukan yaitu radioterapi, therapy hormon, kemoterapi.

Bagaimana efek penggunaan Laminine pada penderita Kanker Prostat?

Dosis yang dianjurkan: 5 x 2 kapsul sehari kondisi perut kosong. Pada malam hari sebaiknya Laminine dikonsumsi 10 menit sebelum anda beranjak tidur. Akan lebih mempercepat proses pemulihan bila “kondisi anda memungkinkan” untuk menggunakan dosis 5 x 3 kapsul untuk kanker stadium tinggi.

Kanker Prostat dan diabetes membaik

Disclaimer : Tidak ada jaminan kesembuhan. Laminine adalah produk suplemen penunjang kesehatan dan BUKAN obat. Khasiat & hasil yang didapatkan setiap orang dapat berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna. Hasil positif yang didapat oleh customer kami, tidak menjadi gambaran atau jaminan bahwa Anda pasti mengalami hasil yang sama. Kami berusaha menginformasikan produk kami dan hasil yang bisa diperoleh dengan wajar dan tidak berlebihan. Kami tidak bertanggung-jawab jika Anda tidak memperoleh hasil seperti yang dialami oleh customer atau pelanggan kami lainnya.

TESTIMONI LAMININE – PROSTATE CANCER

Disclaimer : Tidak ada jaminan kesembuhan. Laminine adalah produk suplemen penunjang kesehatan dan BUKAN obat. Khasiat & hasil yang didapatkan setiap orang dapat berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna. Hasil positif yang didapat oleh customer kami, tidak menjadi gambaran atau jaminan bahwa Anda pasti mengalami hasil yang sama. Kami berusaha menginformasikan produk kami dan hasil yang bisa diperoleh dengan wajar dan tidak berlebihan. Kami tidak bertanggung-jawab jika Anda tidak memperoleh hasil seperti yang dialami oleh customer atau pelanggan kami lainnya.

 

error: Content is protected !!